Kamis, 29 November 2012

Perbedaan Mengelola Sistem Sumber Daya Manusia



PT Indofood
PT Mayora
PT Indofood mengelola sistem SDM nya dengan cara membina hubungan baik di semua tingkat staf dan manajemen untuk saling menguntungkan.
PT Mayora mengelola SDM dengan melibatkan karyawannya untuk memberikan pendapat atau ide – ide yang berkaitan dengan pengambilan keputusan
Mengadakan program pelatihan yang akan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam rangka untuk membantu semua divisi dalam mempertahankan pangsa pasar dan keuntungan di pasar yang semakin kompetitif
Melakukan Sistem Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk melakukan studi penyetaraan.
Program Pengembangan Manajerial akan diperluas ke dalam divisi-divisi lain dari perusahaan setelah peluncuran yang sukses di Memasak Minyak & Lemak dan Makanan Bumbu Divisi.

Mengadakan prelatihan – pelatihan ;lain yang dilakukan secara berkala, antara lain: Pelatihan 5R (Resik, rapi, rajin, ringkas, dan ramah), pelatihan SISTIMA (Sistem Informasi Teknologi Mayora), serta pelatihan smart selling.

            Dari penjelasan di atas, menurut saya pengelolaan sumber daya manusia yang baik adalah PT Mayora karena selain PT Mayora memberikan pelatihan – pelatihan yang sama halnya seoperti yang telah dilakukan oleh PT Indofood, perusahaan tersebut juga melibatkan para karyawannya untuk berpartisipasi dalam hal memberikan pendapat dan ide – ide dalam upaya untuk menunjang pengambilan keputusan. Menurut saya dengan adnya program yang seperti itu karyawan akan merasa diangap atau diorangkan dengan memberikan masukan kepada perusahaan tempat ia bekerja dan hal itu akan menimbulkan rasa loyalitas karywan terhadap perusahaan dan hal tersebut tantunya akan menguntungkan perusahaan.
            Program yang tidak dilakukan oleh PT Mayora adalah program pengembangan manajerial, program tersebut tentunya akan membantu para menager dalam menambah pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar