Kamis, 29 November 2012

Perbedaan Model Sistem Umum Perusahaan



PT Bentoel Prima
PT Gudang Garam
PT Bentoel menggunakan sistem umum yakni B-One. Sistem Be-one adalah sistem yang terintegrasi dari hulu sampai ke hilir, dari transaksi hingga pelaporan untuk manajemen. Dengan sistem ini seluruh data penjualan yang dilakukan tenaga penjualan dimasukan ke dalam PDA di lapangan saat melakukan transaksi penjualan. Pada akhir hari, seluruh transaksi di upload secara otomatis ke sistem di Area Sales dan Marketing Office.
Model sistem umum perusahaan lebih ditekankan untuk sistem distribusi tunggal untuk mempermudah  mengontrol sistem
 mekanisme. Perusahaan ini mempunyai satu sistem operasional, baik untuk distribusi, penjualan, keuangan, akuntansi maupun pemasaran sehingga lebih mudah mengintegrasi kebijakan.
PT Bentoel juga menggunakan sistem ERP. Dengan ERP, produktivitas bisnis akan meningkat seperti meningkatnya kecepatan proses data dan kecepatan proses bisnis itu sendiri.


Dari penjelasan di atas, menurut saya model sistem umum yang lebih baik adalah sistem umum PT Bentoel Prima karena perusahaan tersebut menggambarkan secara jelas bagaimana dengan sistem – sistem itu mereka mengintegrasikan proses produksi dan proses – proses lainnya yang menunjang produknya. Perusahaan ini juga memaparkan keuntungan yang mereka peroleh dengan menggunakan sistem yang mereka miliki yakni antara lain:
  • Instant Feedback, Business Intellegence, serta Operational Excellence terciptanya data penjualan yang bisa diterima pada hari yang sama mulai dari Sales Supervisor hingga direksi bisa diketahui.
  • Efektifitas Sales Performance dapat diketahui.
  • Bisa mengetahui dengan cepat masalah / kesulitan peneterasi di suatu daerah, maka dapat dengan segera diambil tindakan.
  • Sisi operational Excellence Effectiveness bisa terpangkas karena menggunakan aplikasi lewat PDA
  • Produktifitas meningkat hingga 15%
  • Penjualan pun meningkat
  • Financial Intern juga dapat terkontrol
  • Dapat mengetahui produk, profil dan value seperti apa yang laku di pasar.
  • Waktu produksi jauh lebih singkat
Berbeda dengan PT Gudang Garam, perusahaan ini ghanya menjelaskan bahwa mereka memiliki satu sistem untuk masing – masing direktorat yang ada di perussahaan dan manfaat yang perusahaan miliki adalah untuk memudahkan pengintegrasian data.


  
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar