Nokia
|
Samsung
|
Lead and win device
Artinya adalah perusahaan Nokia memasarkan
produknya dengan menjadikan produknya sebagai produk yang dikenal oleh
masyarakat banyak dan menjadikan produknya sebagai produk yang memimpin
produk – produk lainnya.
|
Strategi
yang didasarkan pada differensiasi produk
|
Grow
consumer internet service
|
Penentuan posisi pasar
yang tepat
|
Accelerate
adoption in business solutions and leverage scale and transform to solution
in infrastructure.
Artinya adalah perusahaan ini memasarkan
produknya dengan cepat mengadopsi kebutuhan masyarakat terhadap HP sehingga
masyarakat membeli produk nokia yang dapat disesuaikan dengan keinginannya.
|
Sole agent importer
|
Strategi pemasaran Nokia beranjak dari pendekatan mereka
kepada konsumen dengan tujuan meyakinkan konsumen bahwa mereka mempunyai budaya
dan cara kerja yang baik. Bila dikaitkan kembali dengan kasus pada
Nokia-Motorola, Nokia mendapat pelajaran marketing yang cukup berharga bahwa
penamaan produk mereka ternyata cukup penting, mengingat berbagai strategi yang
dilakukan ternyata tidak memperlihatkan perubahan yang signifikan. Suatu waktu
salah satu petinggi perusahaan Finlandia tersebut memberitahu kantor berita
Reuters bahwa mungkin Nokia akan mengikuti jejak Motorola untuk menamakan
produk mobile phones mereka dengan nama yang lebih menarik. Hal tersebut
cukup menarik, sebab kita semua akan melihat kelangsungannya ; apakah benar
strategi AS alias Motorola lebih baik dibandingkan strategi Finlandia alias
Nokia yang bukan negara G7.
Produk Samsung sangatlah bervariasi, perusahaan ini
membuktikkan kepada para konsumennya bahwa ia memiliki kapasitas untuk terus
maju dengan menciptakan inovasi – inovasi produk yang baru dan mengikuti
perkembangan jaman saat ini. Hal ini terbukti dengan produknya yang di
sejajarkan dengan produk ternama lainnya di Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar